KEUTAMAAN SHALAT BERJAMAAH



Kisah ini dialami oleh Ubaidullah bin Umar al-Qawaririy, seorang dari penduduk Bashrah. Dikisahkan ia belum pernah ketinggalan shalat Isya’ secara berjamaah di masjid, walaupun hanya sekali.
            Suatu malam, ia kedatangan tamu. Karena sibuk bercengkerama dengan tamunya itu, ia pun lalai dan ketinggalan shalat Isya’ berjamaah di masjid. Ia kemudian mencoba mencari-cari, mungkin masih ada jamaah shalat Isya’ di seantero masjid kota Bashrah. Namun, ia dapati semua orang sudah selesai mengerjakannya, dan bahkan pintu masjid pun telah dikunci.
            Ia pun pulang dan berkata, “Terdapat suatu hadis yang menyebutkan bahwa shalat jamaah itu lebih utama 27 derajat dibandingkan shalat sendirian. Maka, sebagai gantinya, aku pun akan mengerjakan shalat Isya’ 27 kali.”

            Ia pun akhirnya mengerjakan shalat Isya’ 27 kali. Selesai shalat, ia tidur. Dalam tidurnya, ia bermimpi, seakan-akan ia bersama suatu kaum yang semuanya menunggang kuda perang. Ia juga menunggang kuda. Mereka berpacu. Ia mengendalikan kuda sekencang-kencangnya, tetapi tidak bisa mencapai mereka. Ia memperhatikan salah seorang dari mereka.
            Salah seorang dari mereka berkata, “Jangan engkau forsir kudamu, sekali-kali engkau tidak akan pernah bisa menyusul kami.”
            “Mengapa begitu?” tanyanya.
            Orang itu menjawab, “Karena kami mengerjakan shalat Isya’ berjamaah, sedangkan engkau mengerjakannya sendirian.”
            Lalu ia terbangun dari tidurnya dan diliputi rasa sedih dan sesal tiada tara. Ternyata shalat Isya’ 27 kali yang dikerjakannya tetap tidak bisa menyamai derajat shalat Isya’ yang dilakukan secara berjamaah.
            Marilah kita memohon ma’unah (pertolongan) dan taufik kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Mahamulia.
            Mudah-mudahan kisah ini bisa menjadi oelajaran yang berharga untuk kita semua. Amin.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar: