PENCURI YANG BERUNTUNG



Suatu malam, seorang pencuri menyelinap ke rumah Malik bin Dinar rha. Sayangnya, ia tidak mendapatkan apa-apa untuk dicuri. Sementara itu, Malik sedang shalat malam dan mengetahui kehadiran pencuri tersebut. Malik mempersingkat shalatnya. Setelah salam, beliau menyambangi pencuri tersebut dan berkata,

            “Wahai saudaraku, semoga Allah membimbingmu untuk bertaubat. Kamu memasuki rumahku namun tidak mendapatkan sesuatu untuk diambil, dan saya tidak ingin Anda keluar tanpa membawa faedah apa-apa.”
            Lalu beliau menyodorkan air kepada pencuri tersebut dan berkata, “Berwudhulah dan shalatlah dua raka’at, niscaya kamu akan keluar membawa kebaikan.”
            Pencuri itu berkata, “Baik. Terima kasih.”

            Ia pun berwudhu dan shalat dua raka’at. Setelah selesai shalat, pencuri itu meminta, “Wahai Malik, apakah Anda mengijinkan aku untuk menambah shalat dua raka’at lagi?”
            “Tambahlah sesuai dengan kemampuan yang Allah berikan untuk Anda”, jawab Malik bin Dinar. Pencuri itu pun terus melanjutkan shalatnya hingga menjelang Shubuh.
            Kemudian Malik berkata, “Pergilah dalam keadaan baik.”
            Pencuri itu berkata, “Tuan, apakah Anda mengijinkan aku untuk tinggal bersama hari ini? Karena saya berniat shaum hari ini.”
            Malik menjawab, “ Tinggalah disini sesukamu.” Lalu ia tinggal bersama Malik bin Dinar selama beberapa hari, ia juga shalat di malam hari dan shaum di siang harinya. Tatkala ia hendak pergi, ia berkata, “Wahai Malik, saya ingin taubat dengan sungguh-sunguh.”
            Malik menjawab, “Itu semua di tangan Allah!” Akhirnya pencuri itu bertaubat, dan bagus taubatnya. Tatkala ia bertemu dengan temannya yang juga seorang mantan pencuri, ia ditanya, “Bagaimana hasilnya, saya rasa kamu mendapat banyak harta.” Ia menjawab, “Wahai temanku, aku mendatangi rumah Malik bin Dinar untuk mencuri hartanya, tapi justru dia yang akhirnya mencuri hatiku. Sekarang aku sudah bertaubat kepada Allah.”
(Mukhtaraat wa Lathaif, Abdul Malik al-Qaasim)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 komentar: